Minggu, 17 September 2017

Belajar Menulis



Mulai bulan ini, gw bakal nyoba untuk menulis lagi. Gw ingin membuat tulisan-tulisan dari apa yang gw pikirkan (bukan curhat ya). Gw ingin membagi isi pikiran gw ke orang lain lewat tulisan, karena gw ini orangnya introvert, jadi agak awkward kalo berbagi pemikiran secara langsung dengan orang lain. Walaupun sekarang yang lagi ngetrend itu VLOG, gw ngerasa kurang enak aja kalau gw ikut-ikutan bikin video, emang lebih nyaman nulis sih menurut gw. Ya begitulah introvert, punya banyak hal dalam pikirannya, tapi begitu dibawa ngobrol, ga bisa dibawa keluar semuanya. Makanya gw lebih nyaman ngetik daripada ngomong langsung, lebih nyaman lewat pesan daripada lewat telepon. Selain itu gw ingin belajar menulis karena selama ini tiap gw menulis sesuatu selalu berantakan tulisannya. Jadi gw bakal rajin-rajin menulis biar tulisan gw lebih rapi

Gw terinspirasi pengen membuat coretan-coretan ini dari acara Stand Up Comedy yang sering gw tonton sejak beberapa tahun terakhir sampai sekarang, yang komika-komikanya bikin tulisan yang menarik. Mereka bikin materi dengan rapi yang membuat penonton jadi kebawa pada cerita yang mereka bawakan. Dan uniknya dari Stand Up Comedy itu mereka bercerita dari kisah-kisah pribadi mereka yang dibumbui dengan komedi. Walaupun gw ga bisa ngelawak seperti mereka, tapi gw rasa gw bisa coba bikin materi yang rapi kayak mereka. Oh ya, sebenarnya gw pengen bikin tulisan dalam bentuk bahasa inggris, sekalian mepertebal kemampuan bahasa inggris gw juga, tapi setelah gw pertimbangkan lagi kayaknya pake bahasa indonesia dulu aja deh biar lebih enak.

Sebenarnya udah lama sih sejak beberapa tahun yang lalu gw pengen bikin coretan-coretan kayak gini, cuma belum pernah kesampaian. Ada-ada aja kendalanya, mulai dari rasa males, ga ada internet, ga tau mau mulai darimana, dll. Sempat juga ngeblog sebelumnya waktu gw SMP kelas 9, tapi isi blognya ga jelas 🤣. jaman-jaman gw alay. Ga ada arah dan tujuan, ga ada alurnya, ga jelas, cuma ngarang bebas sebebasnya, pokoknya anehlah 😀. Itu juga bikin blog dulunya karena obsesinya pengen ikut-ikutan doang, ga punya ide pasti pengen blog yang kayak gimana. Pas SMA kelas 1 sampai kuliah sempat vakum karena selama itu emang masih belum ada ide pasti, jadi ya ancur gitu isinya 😁. awal-awal kuliah sempat pengen ngeblog lagi sih, tapi cuma rencana dan rencana doang. Realisasinya baru terjadi saat semester 4, pengen bikin blog tentang teknologi sesuai passion gw, itupun cuma beberapa tulisan, dan abis itu vakum lagi. Labil banget ya? Hahaa.. 😃

Dari kecil sebenarnya gw emang suka nulis, walaupun tulisan gw jelek, tapi gw pengen bikin cerita-cerita seperti buku-buku dan majalah-majalah yang sering gw baca. Jadi awalnya gw dari umur 4 tahun sebelum sekolah udah lancar membaca, dan gw jadi ketagihan untuk membaca apa aja. Mulai baca-baca majalah anak-anak seperti Bobo, majalah remaja seperti Aneka yes, Anida dan Nova, hingga majalah religi seperti Hidayah dan Hikayat. Artikel yang paling gw suka adalah cerita anak-anak, komedi sama cerita horror. Walaupun gw waktu kecil parno banget sih sama yang horror-horror, tapi gw suka banget. Ditambah lagi saat salah satu kakak perempuan gw kerja di bagian perpustakaan, dia jadi sering bawa buku-buku novel anak-anak hingga remaja ke rumah buat gw baca seperti novel Lupus Kecil yang jadi favorit gw dulu. Karena keseringan membaca itulah gw sempat pengen bikin cerita-cerita juga. Gw nulis cerita-cerita versi gw di sebuah kertas bekas, pake pulpen, trus gw baca sendiri karena ga ada yang bisa baca tulisan jelek gw hahaa..😄. Pernah sih ada sepupu gw yang baca, tapi malah diketawain, trus gw jadi minder gitu, dan gw jadi males buat nulis-nulis lagi.

Dan sekarang, setelah gw mengalami beberapa hal dalam hidup gw, gw jadi pengen nulis-nulis cerita mengenai hidup gw, sebagai bahan bacaan buat gw suatu saat nanti, atau buat anak dan cucu gw kelak, atau buat orang-orang yang ga sengaja baca trus terinspirasi gitu dari tulisan gw, walaupun apa yang gw tulis ga menarik-menarik amat sih, hahaa. Sebenarnya sekarang gw juga ga suka-suka amat sama yang namanya menulis, karena tulisan gw emang gw akui jelek banget. Lebih tepatnya gw itu sukanya mengetik, jadi tulisan tangan gw bisa kebaca dan jeleknya ga bakal ketahuan sama orang-orang, hahaa.

Jangan Lupa komentarnya 😉






0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini